3 LANGKAH MUDAH MEMULAI BISNIS MOBILE APP

Selama beberapa tahun ke belakang, kita semua telah melihat lusinan sejarah tentang sukses besar di industri aplikasi mobile. Angry Birds, Instagram, Pokemon GO dan banyak lainnya, telah meraup banyak keuntungan hingga jutaan dolar. Namun, di waktu yang bersamaan, statistik menunjukan bahwa hanya 25% dari semua pengembang yang bisa mendapatkan profit $5.000 per bulan.

peluang bisnis aplikasi mobile
Seperti halnya di bisnis yang lain, di dalam bisnis aplikasi juga ada beberapa game yang dianggap sebagai raksasa. Tapi tidak berarti jika pasar mobile apps sudah penuh dan tidak bisa dieksploitasi lagi. Masih banyak peluang yang bisa didapat dari industri ini. Berikut adalah beberapa fakta tentang kemungkinan dalam bisnis aplikasi mobile:

• Permintaan perusahaan terhadap pengembangan di bidang aplikasi meningkat dari tahun ke tahun: 23% di tahun 2014 meningkat menjadi 32% di tahun 2016.
• Di 2016, 60% pengembang aplikasi yang mencapai target pendapatannya.
• Orang menghabiskan waktu minimal 4 jam dalam sehari bermain smartphone.
Luar biasa, kan? Jadi, kamu ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis ini? Ada setidaknya 3 langkah penting yang harus kamu lewati untuk mencapai kesuksesan di industri mobile apps.

Langkah ke 1. Ide
Seorang entrepreneur sukses selalu memulai bisnisnya dengan sebuah ide. Banyak dari para pengembang menyatakan bahwa ide hanya 5% dari kesuksesan. Bisa jadi benar, karena ide terbaik pun akan jadi sia-sia tanpa kerja keras dan rekan yang baik.
Kamu bisa fokus pada satu aplikasi yang menurutmu akan menjadi sebuah terobosan atau kamu bisa mencoba berbagai ide sekaligus. Pada akhirnya, kamu akan mendapatkan masterpiece-mu dan bersiap masuk ke bisnis aplikasi online.

Langkah ke 2. Survey Pasar
Terkadang sulit untuk mendapatkan ide yang cemerlang. Mungkin karena kurang pengalaman atau kurang paham akan topik tertentu. Jadi, karena tujuanmu masuk ke dunia aplikasi online, mulailah menjelajah pasar mobile apps.

Bisnis mobile apps
App atau aplikasi adalah kunci untuk segalanya. Bahkan Google Play sendiri adalah aplikasi. Bahkan, kamu bisa menemukan lusinan aplikasi yang bisa membantumu mengukur biaya untuk membuat sebuah aplikasi, tutorial pengembangan kode, alat untuk meneliti pasar, dan lain sebagainya.
Kamu bisa mulai dengan memahami bidang yang kamu akan geluti. Pelajari tentang kesuksesan dan kegagalan terbesar yang ada di bisnis ini. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan tip dan trik gratis menuju kesuksesan.

Langkah ke 3. Pemilihan Platform
Dulu para pengembang harus memilih antara Blackberry, Symbian, Windows Phone, iOS, dan Android. Tapi sekarang pilihannya jadi lebih mudah karena selain 2 nama terakhir, platform lainnya sudah nyaris kehilangan pelanggan dan bukan lagi tempat yang bisa banyak menghasilkan keuntungan.

Jika kita melihat statistik di tahun lalu, Google Play memimpin dibanding App Store dengan 63 milyar unduhan dalam setahun, sementara saingannya hanya 29 milyar unduhan.
Meski begitu, jika soal pendapatan, App Store jauh memimpin dengan $34 Milyar di tahun 2016, sementara Google Play hanya mendapat $17 Milyar. Menurut ramalan para ahli bisnis, Apple akan terus memimpin hingga tahun 2021, meskipun tahun ini Google Play bisa mengalahkan pendapatan App Store.

Masih banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan di industry aplikasi online. Kamu bisa mengembangkan ide untuk aplikasi-mu dimulai dari hal-hal yang dekat denganmu. Misalnya, kalau kamu suka dengan sepakbola kamu bisa menciptakan aplikasi bola seperti apps yang menyediakan berita tentang ibola atau permainan simulasi bola. Yang harus kamu lakukan hanya mencoba dan jangan menyerah. Semoga berhasil!