Mari Belajar Bisnis: Apa Itu Investor, Investasi, dan Inkubasi?

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali istilah khusus yang mungkin masih terdengar cukup asing di telinga kebanyakan orang. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis dan latar belakang pendidikan Anda tidak berhubungan dengan dunia bisnis sama sekali, ada baiknya Anda mempelajari beberapa istilah tersebut agar Anda tidak “tersesat” nantinya. Paling tidak Anda harus tahu apa itu investor, inkubator, dan investasi dalam bisnis. Ketiga istilah tersebut amat sangat lekat hubungannya jika Anda seorang pebisnis pemula yang sedang memulai sebuah start-up bisnis. Mari kita bahas lebih jauh tentang istilah tersebut satu persatu.

belajar bisnis - inkubator dan inkubasi

Investor

Investor berasal dari bahasa Inggris “invest” yang artinya kurang lebih bisa dihubungkan dengan kegiatan menanam. Namun menanam di sini bukanlah berhubungan dengan menanam tumbuhan akan tetapi menanam dana. Pertanyaannya, kenapa menanam dana? Apa yang akan terjadi dari penanaman dana tersebut? Konsep investor adalah perorangan atau lembaga yang menyediakan dana yang kemudian ditanam untuk keperluan bisnis.

Dalam konteks yang sedang kita bahas yaitu dengan mengasumsikan Anda sebagai seorang pelaku bisnis pemula, coba bayangkan Anda memiliki sebuah ide bisnis namun Anda terkendala dana untuk memulainya. Di sinilah Anda membutuhkan bantuan seorang investor untuk menanamkan dana sebagai modal untuk usaha Anda. Dan pada saat penanaman modal tersebut terjadi, maka jalinan kerja sama antara Anda dengan investor akan terjadi. Dan yang namanya kerja sama selalu bertujuan untuk keuntungan kedua belah pihak.

Untuk Anda sebagai pelaku bisnis, Anda mendapatkan suntikan modal yang bisa memperlancar bisnis Anda. Anda bisa memulai bisnis dan menjalankannya dan kemudian mulai memperoleh profit. Sementara untuk investor, mereka akan bisa “memutar” uang mereka. Ketika mereka menanamkan modal, tentu saja mereka mengharapkan uang mereka akan kembali termasuk profitnya. Jadi biasanya investor dan Anda akan membuat kesepakatan berapa lama modal itu akan bisa kembali ke investor dan berapa persen keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor. Ketika kesepakatan terjalin, di situlah kombinasi Anda dan investor bisa berjalan.

investor - belajar bisnis

Investasi

Investasi sendiri merupakan produk dari investor. Seperti yang sudah disebutkan di atas, modal yang ditanamkan pada Anda sebagai pelakon bisnis merupakan bentuk investasi. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, investasi ini nantinya harus berusaha dikembalikan oleh pelaku bisnis kepada investor berikut keuntungan yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Investasi ini tidak selalu harus dalam bentuk uang. Bisa jadi dalam bentuk barang.

Sebagai contoh, bisa jadi seorang investor ingin membantu Anda dengan menginvestasikan propertinya untuk keperluan kantor bisnis Anda. Atau bisa juga investor menanamkan modal dalam bentuk sebuah mobil untuk transportasi keperluan bisnis Anda. Dan untuk pengembaliannya, bisa juga dalam berbagai bentuk. Mengacu ke contoh di atas, bisa saja Anda membayar sewa untuk properti yang Anda gunakan sebagai bentuk pengembalian investasi kepada investor. Atau Anda juga bisa membeli mobil yang Anda gunakan dengan sistem mencicil.

Inkubasi

Sementara inkubasi merupakan sebuah program yang dirancang dengan tujuan untuk membuat keberhasilan sebuah bisnis untuk berkembang dan maju menjadi semakin cepat. Biasanya akan ada berbagai macam program mulai dari program permodalan hingga pembinaan untuk membuat sebuah bisnis menjadi lebih besar dan akhirnya akan memberikan dampak yang lebih besar bagi Anda sebagai pelaku bisnis maupun untuk orang lain seperti masyarakat yang kemudian bisa menjadi tenaga kerja bagi bisnis Anda.